10 Manfaat Ikut Lomba Blog

Apakah manfaat ikut lomba blog sepadan dengan effort atau usaha yang kita kerahkan? Jawabannya bisa jadi beragam dan relatif, berbeda-beda antara satu bloger dengan bloger lainnya. Namun berdasarkan pengalaman saya pribadi, mengikuti lomba blog punya manfaat yang sangat produktif untuk kemajuan diri saya sebagai narablog. Bukan hanya potensi hadiah yang sering kali menggiurkan, tetapi manfaat lain yang tak kalah menyenangkan bahkan boleh dibilang memperkaya diri dalam pengertian seluas-luasnya.

Apa saja manfaat ikut lomba blog yang saya maksud? Beberapa di antaranya saya catat sebagai berikut yang tercantum dalam sepuluh butir utama. Semoga setelah membaca poin-poin tersebut, teman-teman narablog atau bloger terlecut untuk mengikuti aneka lomba blog yang tak pernah sepi dihelat. Selamat menikmati.

Apa saja manfaat ikut lomba blog?

1 | Melatih keterampilan menulis

Manfaat utama yang sayang dilewatkan dengan mengikuti lomba blog adalah meningkatnya kemampuan menulis. Meskipun lomba blog semakin ketat persaingannya, terbukti dengan hadirnya blogpost yang dilengkapi dengan infografik keren dan video/foto memikat, basis blogging tetaplah tulisan. Artinya, yang dinilai dalam sebuah kontes blog masih barisan teks yang disusun dengan ide yang cemerlang, dalam hal ini sudut pandang yang tepat.

Seiring dengan sering ikut lomba blog, kita akan semakin terampil dalam menulis. Tentu jika kita ingin menang, karena dorongan untuk menang akan memotivasi kita untuk menghasilkan tulisan terbaik, baik dari segi teknik penulisan maupun dukungan nonteks lainnya. Agar bisa menang lomba blog, kita harus memperbanyak bacaan—apa pun sumbernya. Untuk bisa masuk di deretan pemenang, tulisan harus lugas dan mencerahkan, mengena dan bermanfaat sebagaimana pernah saya singgung dalam Tips Menang Lomba Blog dengan Cara SIMPLE.

2 | Manajemen waktu

Lomba blog tak pernah sepi diadakan, pun tak pernah sepi peminat. Hadiah berupa apa pun—dari gawai sampai uang tunai—selalu menyedot perhatian para bloger yang butuh asupan ‘gizi’ apalagi di era pandemi seperti saat ini. Hadiah berupa pulsa, paket data, atau saldo e-wallet seperti OVO dan GoPay pun tak bisa diremehkan. Tak jarang beberapa lomba diselenggarakan nyaris bersamaan. Belum rampung satu lomba, sudah muncul lomba lainnya.

Oleh sebab itulah, para bloger yang berminat ikut lomba blog akan berupaya untuk melakukan manajemen waktu. Harus taktis mengalokasikan waktu untuk menggarap setiap lomba yang diminati. Saya pribadi paling banter bisa mengerjakan 3-4 lomba blog dalam sebulan, dengan catatan harus maksimal penggarapannya. Dengan banyaknya lomba blog, besar pula peluang kemenangan kalau kita ikut lomba blog lebih banyak. Dan itu butuh kemampuan manajemen waktu yang jempolan terutama kalau kita bukan full-time blogger.

3 | Dapat hadiah

Tak perlu sungkan, tak perlu saya sembunyikan, hadiah adalah motivasi terbesar ikut lomba blog. Saat membaca info sebuah lomba blog, hal pertama yang saya perhatikan adalah tema lomba, lalu bentuk hadiahnya. Jika tema cocok (terutama dengan idealisme) dan hadiah menggiurkan, langsung deh masuk bookmark dan saya buat outline sesegera mungkin. Jika tema dan hadiah menarik, di tengah kesibukan lain pun, saya masih menyempatkan untuk menulisnya.

Karena manfaat ikut lomba blog tak ayal lagi salah satunya adalah mendapat hadiah. Saya pernah, misalnya, menerima hadiah barang dan uang yang jika ditotal mencapai 9 juta rupiah. Wah, serasa klenger deh, hehe. Belum lagi smartphone canggih berkali-kali, hingga sebuah mini laptop. Seorang butuh menyiapkan keranjang hadiah. Alhamdulillaah….

4 | Mengasah ketelitian

Untuk bisa lolos seleksi penilaian, seorang bloger mesti sudi mengikuti syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara, baik brand langsung ataupun agency. Dalam hal ini kita kudu teliti dalam membaca setiap poin persyaratan yang tak jarang disajikan dengan detail. Makin sering ikut lomba blog lambat laun akan terbangun sifat teliti karena tertempa semangat lomba. Jangan berharap bisa menang lomba kalau kita lupa mem-follow akun sponsor atau tak sengaja mem-private akun medsos kita. Ini pernah terjadi pada seorang teman yang akhirnya menyesal karena gagal menang. Dan bukan hanya teliti seputar syarat, tetapi juga dalam membaca kembali tulisan yang diikutkan lomba.

5 | Melatih kesabaran

Manfaat ikut lomba blog yang tak kalah penting adalah melatih kesabaran. Dalam tulisan terpisah, saya pernah membahas 10 tahap kesabaran yang harus dilalui oleh seorang bloger, salah satunya sabar saat menanti pengumuman lomba dan sabar ketika menghadapi kekalahan. Menerima kekalahan saat mengharap kemenangan sungguh tak mudah. Tak jarang ada saja peserta lomba yang naik pitam akibat kalah lomba sementara ia merasa sudah all-out berkarya. Kekalahan makin sulit diterima kalau peserta itu langganan menang, misalnya.

Namun itulah keuntungan ikut lomba menulis lewat blog, bisa belajar ikhlas saat tak menang. Hidup tidak selalu sesuai dengan apa yang kita harapkan. Bahkan saat kita memenangi sebuah lomba blog pun, kita tetap dituntut bersabar. Kegembiraan saat membaca nama kita diumumkan sebagai juara mesti direspons dengan kesabaran untuk menanti hadiah kita terima. Saya pernah menunggu hadiah uang 1 juta rupiah dari sebuah lomba menulis resensi buku yang baru cair sampai satu bulan lamanya. Sungguh menguji kesabaran padahal hadiah uang dari lomba lain cukup beberapa hari atau bahkan hitungan jam untuk ditransfer.  

6 | Backlink gratis

Jika ikut lomba blog lalu menang, bukan cuma hadiah materi yang akan kita terima. Saya pernah keluar sebagai pemenang kedua dalam sebuah lomba blog. Hadiah uang tunainya boleh dibilang tidak besar, 500 ribu saja, tapi ada ganjaran lain yang cukup mengejutkan. Bukan hanya domain gratis yang sekarang saya kembangkan jadi misterblangkon.com, tetapi rezeki lain berupa backlink gratis dari portal penyelenggara.

Coverage media online membuat DA blog naik.

Saya teringat ucapan Mas Pewe yang menyatakan bahwa backlink dari C2Live ini cukup berperan dalam mendongkrak domain authority (DA) blog kita. Boleh jadi DA saya turut terkerek berkat tautan dari website mereka karena di saat teman-teman bloger mengalami penurunan DA yang signifikan, blog BBC masih ajek di posisi yang aman. Tidak tinggi banget, tapi patut disyukuri. Alhamdulillah.

7 | Mempromosikan blog

Publikasi di website terkemuka akibat menang lomba sangat berfaedah.

Kemenangan dalam lomba yang dihelat oleh C2Live rupanya ditindaklanjuti dengan wawancara dan serangkaian posting gratis di portal mereka. Wah, sungguh senang bukan kepalang! Setidaknya ada empat kali tulisan yang mereka unggah tentang kemenangan saya, termasuk wawancara seputar rahasia ngeblog atau kiat memenangkan lomba blog. Akhirnya blog saya semakin dikenal karena dipromosikan cuma-cuma di sana.

Mejeng gratis berbuah backlink gratis

8 | Meningkatkan basis pembaca

Begitu blog dipromosikan, pembaca pun berdatangan. Semakin banyak orang yang mengenal blog saya berkat coverage dari C2Live kemudian berkenan membaca dan menambah deretan pelanggan di BBC. Saya tak pernah mengonversi dalam bentuk apa pun peningkatan basis pembaca berkat kemenangan sebuah lomba blog. Namun yang jelas, potensi diterimanya pesan atau tulisan bermanfaat akan semakin luas. Dan itu sangat menyenangkan, melebihi hadiah berupa barang.

9 | Memperluas jaringan dan peluang

Menang lomba blog berarti membuka peluang baru dan memperluas jaringan, baik jaringan pertemanan maupun peluang mendulang rezeki. Employer bisa mengenali kecakapan kita dari tulisan yang dimenangkan dalam lomba blog tertentu. Mereka bisa mengontak kita untuk menawari proyek menulis atau mendukung promosi produk mereka, misalnya. Bertambah jangkauan teman—biasanya sesama peserta lomba—juga positif untuk bertukar ilmu dan pengalaman agar konten blog kian berbobot, agar lomba blog berikutnya semakin berotot.

10 | Melatih rasa syukur

Lebih dari semuanya, manfaat ikut lomba blog yang boleh dibilang puncaknya adalah kesempatan untuk belajar dan belajar bersyukur. Suatu kali Mbak Nurul bloger Surabaya mengapresiasi kemenangan demi kemenangan yang saya dapatkan dari beberapa lomba blog. Hal yang sama juga diutarakan Mas Eko Nurhuda bloger senior asal Pemalang yang sempat menggunakan idiom ‘panen’ atas beruntunnya kemenangan yang saya peroleh. Saya senang mendapat pujian, tapi yang lebih penting adalah bahwa kemenangan-kemenangan itu saya yakini bukan semata karena tulisan saya bagus, apalagi saya yang hebat, bukan.

Saya sadar sepenuhnya bahwa ada hal atau faktor lain yang menyebabkan saya dilirik sebagai juara. Mungkin ada luck booster yang akan saya bahas dalam tulisan terpisah. Saya tak mau abai dari kenyataan bahwa kemenangan berarti momentum untuk mengecek kembali kedekatan saya dengan Tuhan, intensitas rasa syukur saya, serta kontinuitas hubungan baik dengan sesama manusia, baik bloger ataupun bukan seperti yang saya tulis dalam postingan berjudul Doa yang Tak Boleh Terlewat.

Nyatanya manfaat ikut lomba blog tak disangka begitu kaya makna. Kalah memang menyakitkan, tapi menang seringkali bisa melenakan. Pada akhirnya, dalam sebuah kompetisi blogging yang penting bukanlah menang atau kalah, melainkan kesanggupan untuk menyadari kekuatan dan kelemahan diri. Bahwa segalanya nisbi, serbarelatif, sampai kita punya value untuk mendefinisikan dengan ukuran-ukuran yang kita yakini. Sudah ikut lomba blog apa bulan ini, BBC Mania?

14 Comments

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s